Gmail Dapat Memindai Gambar Untuk Menghentikan Data Rahasia yang Bocor

Ilustrasi Optik Pengenalan Karakter Gmail

Teknologi optik pengenalan karakter Google sekarang dapat mengintip lampiran gambar dalam setiap email yang dikirimkan melalui akun Gmail.

Perusahaan besar layaknya Google melakukan banyak hal untuk mengamankan semua kegiatan dan penelitian mereka, karena perusahaan itu hanya membutuhkan satu karyawan nakal untuk mengambil dan mengirimkan file rahasia mereka kepada pihak lain kemudian dalam sekejap mereka akan hancur. Google meluncurkan Data Loss Prevention (DLP), yaitu layanan yang mereka buat untuk membantu perusahaan-perusahaan menghindari bencana seperti disebutkan tadi, dan sekarang layanan tersebut semakin diperkuat dalam menghindari kerugian data. Dengan update terbarunya, Gmail sekarang dapat memindai dokumen dengan optik pengenalan karakter untuk memastikan gambar yang dilampirkan tidak mengandung informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial atau password seseorang.

Platform bisnis perusahaan milik Google sebenarnya sudah memiliki kemampuan untuk memindai dokumen, tetapi yang terbaru dapat mencocokkan kata kunci atau string teks tertentu untuk blacklist yang telah disetujui oleh admin perusahaan. Ini dirancang untuk menghentikan seseorang terutama karyawan perusahaan dari pengiriman sesuatu karena kesalahan atau ketidak sengajaan, tetapi juga dapat berpotensi mengidentifikasi ketika seorang karyawan sengaja mencoba untuk berbagi dokumen rahasia perusahaan.

Saat ini, pengenalan karakter optik hanya tersedia untuk pelanggan yang rela membayar Google Apps Unlimited. Sebenarnya hal tersebut masuk akal karena hal tersebut memang ditujukan untuk perusahaan saja, mengingat anda tidak mungkin untuk membutuhkan perlindungan dari mengirim rincian kartu kredit di file gambar dari akun pribadi anda. Jika anda merasa akun anda bisa menggunakan beberapa keamanan tambahan, dan selalu pastikan bahwa Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah dan selalu menjaga atau mengecek filter spam secara rutin.

Semoga bermanfaat, Salam berbagi... ;)
Gmail Dapat Memindai Gambar Untuk Menghentikan Data Rahasia yang Bocor Gmail Dapat Memindai Gambar Untuk Menghentikan Data Rahasia yang Bocor Reviewed by Unknown on 3/01/2016 Rating: 5

1 comment:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete