Kiddle Mesin Pencari Untuk Anak

Mesin Pencari Kiddle

Era digital menghadirkan informasi yang seakan tidak pernah bisa dibatasi membuat banyak pihak terutama orangtua yang cemas akan pertumbuhan buah hatinya. Hal tersebut terjadi karena dengan "garis batas semu", semua informasi yang ada di dunia bisa diakses secara tak terhingga dimanapun dan oleh siapapun.

Namun kini telah hadir sebuah situs mesin pencari di internet yang sengaja dibuat untuk anak-anak. Situs mesin pencari tersebut memiliki nama yang imut yaitu Kiddle, ini link untuk melihat langsung tampilan dari mesin pencari untuk anak-anak Kiddle.co.

Kiddle sendiri mengklaim bahwa situs mesin pencari miliknya didukung oleh Google dan juga ditenagai oleh Google. Bahkan beberapa teknologi yang ada di balik situs tersebut menggunakan teknologi yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google.

Meski situs pencari ini dikatakan memiliki tampilan yang hampir sama dengan Google Search Engine dan menggunakan Google Safe Search sebagai acuannya, namun Kiddle bukan merupakan produk resmi ataupun anak perusahaan dari Google. Produk ini dikembangkan sendiri secara independen oleh Kiddle.

Karena sengaja diciptakan khusus untuk anak-anak, Kiddle memiliki tampilan yang mudah dipahami layaknya Google namun dengan desain yang berbeda dari situs pencarian lainnya.

Kiddle memiliki desain yang imut

Tampilan Kiddle
Tampilan Halaman Pencarian Kiddle.co

Kiddle hadir dengan tampilan desain yang imut dengan tema yang disukai anak-anak agar lebih menarik perhatian. Tak seperti desain dengan background polos warna putih layaknya Google, Kiddle menampilkan background bertema luar angkasa dengan warna cerah. Terdapat juga hiasan gambar planet dan karakter robot luar angkasa di bawah kotak pencarian.

Tidak hanya tampilannya, cara penggunaan situs pencarian Kiddle sama persis dengan Google Search Engine. Anak-anak tinggal menuliskan kata kunci yang akan mereka cari di dalam kolom pencarian. Terdapat empat kategori pencarian layaknya Google, yakni situs web untuk mencari di sebuah situs, gambar untuk mencari gambar, berita untuk mencari berita, dan video untuk mencari video yang berkaitan dengan kata kunci yang mereka masukkan.

Sengaja dibuat untuk anak-anak, pastinya hasil pencarian yang dihasilkan oleh Kiddle memiliki konten yang aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Oleh karenanya Kiddle telah dilengkapi dengan teknologi yang dikembangkan oleh Google, yaitu Google Safe Search.

Tidak hanya itu, Kiddle juga telah memiliki sebuah tim editor yang bertugas membuang atau menguras konten pencarian yang tidak layak dikonsumsi bagi seorang anak.

Menurut TechTimes, Minggu (28/2/2016) nantinya hasil pencarian yang ditampilkan pada posisi pertama hingga ketiga merupakan situs web yang aman dan memang khusus ditulis spesifik dengan sasaran pembacanya adalah anak-anak. Hasil pencarian tersebut merupakan hasil penyaringan dan telah diperiksa langsung oleh tim editor khusus milik Kiddle.

Setelah itu, hasil pencarian di posisi keempat hingga tujuh akan memiliki gaya penulisan yang sedikit berbobot, tetapi dianggap masih mudah dimengerti dan dipahami oleh anak-anak. Hasil pencarian ini juga telah melalui proses penyaringan secara langsung oleh tim editor khusus milik Kiddle.

Kiddle menyaring semua konten dewasa

Tidak hanya sampai di situ, hasil pencarian untuk urutan delapan hingga seterusnya adalah tulisan yang memiliki bobot dan gaya penulisan yang ditujukan untuk orang dewasa, tetapi hasil pencarian dengan angka tersebut juga telah disaring oleh teknologi Google Safe Search milik Google. Hasil pencarian ini sudah pasti lebih sulit dimengerti oleh anak-anak dari pada hasil pencarian urutan sebelumnya.

Konten-konten yang ditujukan untuk orang dewasa, seperti halnya gosip seorang artis hingga akun resmi seseorang dari sebuah jejaring sosial tidak ditampilkan. Melainkan, anak-anak anda hanya mendapatkan biografi mengenai artis tersebut yang tentunya memiliki informasi yang aman untuk dikonsumsi anak-anak.

"Karena hasil pencarian di situs Kiddle telah melalui proses pemilihan dan juga diperiksa langsung oleh tim editor kami atau disaring menggunakan teknologi Google safe search, anak-anak Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang memang ditujukan kepada anak-anak tanpa ada konten eksplisit," menurut pihak Kiddle yang dituliskan dalam situs resminya.

Orang tua juga bisa ikut serta berkontribusi untuk situs Kiddle dalam pemblokiran kata-kata yang tidak aman untuk dikonsumsi seorang anak, dengan cara memasukkan kata yang tidak aman tersebut melalui sebuah formulir digital yang telah pihak Kiddle sediakan. Permintaan orang tua untuk pemblokiran sebuah situs tertentu yang tergolong tidak aman untuk anak juga dimungkinkan.

Mesin pencari ini juga mengeklaim bahwa mereka tidak akan mengumpulkan informasi personal dari anak-anak anda. Logs dari situs pencarian ini juga bakal dihapus setiap 24 jam.

Semoga bermanfaat, Salam berbagi...;)
Kiddle Mesin Pencari Untuk Anak Kiddle Mesin Pencari Untuk Anak Reviewed by Unknown on 3/02/2016 Rating: 5

2 comments:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete