WhatsApp Menambahkan Fitur Berbagi Dokumen (Sementara Hanya PDF)

Situs WhatsApp

Semi Berbagi - WhatsApp sebagai penyedia layanan mobile messenger milik Facebook yang baru-baru ini telah mencapai 1 miliar pengguna di seluruh dunia, saat ini meluncurkan fitur yang banyak diantisipasi untuk aplikasi pada perangkat iOS dan Android karena memekan memory yang besar yaitu berbagi dokumen. Meskipun perusahaan belum membuat pengumuman resmi, namun sejumlah pengguna WhatsApp telah melihat pesan pop up berupa fasilitas berbagi dokumen da pilihan berbagi lainnya, seperti berbagi foto atau video, berbagi kontak, dan berbagi lokasi.

Fitur ini hadir bersamaan pada kedua sistem operasi mobile, yaitu iOS dan Android. Dalam obrolan di Android, Anda dapat mencobanya dengan menekan ikon lampiran kemudian tekan baru "Dokumen" ikon yang muncul. (Untuk membuat ruang menu pilihan pada jendela pop-up, WhatsApp melakukan kompresi dengan menggabungkan dua pilihan berbagi yakni "Foto" dan "Video" menjadi satu, yaitu "Kamera" sebagai gantinya.) Pada iOS, Anda tekan ikon panah dalam obrolan kemudian memilih "Share Document" dari menu yang muncul.

Pilihan Berbagi Dokumen WhatsApp

Saat peluncurannya, pengguna dapat memilih dokumen dari layanan penyimpanan cloud diantaranya Google Drive, Dropbox, iCloud Drive, dan banyak lagi. Tapi sayangnya fitur tersebut masih terbatas hanya file PDF saja pada saat ini.

Dalam beberapa kasus, WhatsApp bahkan tidak akan menampilkan jenis file lain yang ada pada layanan penyimpanan cloud yang anda miliki untuk mencegah agar pengguna tidak bingung. Namun aplikasi tidak melarang saya untuk memilih dokumen Office yang tersimpan di Google Drive, tapi setelah saya coba kemudian muncul pesan gagal untuk berbagi, bukan memunculkan pesan kesalahan tentang jenis file yang tidak didukung.

Jika penerima belum upgrade ke versi terbaru dari WhatsApp, berbagi dokumen tidak akan bekerja baik, saya menemukan dalam percobaan yang telah saya lakukan. (Aplikasi ini akan memberitahukan anda melalui pesan bahwa kontak harus "melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp untuk dapat menerima dokumen.")

Notifikasi Update WhatsApp

Ketika mencoba membagikan dokumen, WhatsApp menampilkan preview file PDF tersebut, termasuk juga jumlah halaman, jenis dan ukuran file yang akan dibagikan.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dengan menampilkan jenis file di jendela pesan saat akan berbagi adalah petunjuk yang baik bahwa format file lain akan didukung nantinya.

Bahkan dengan fungsi terbatas yang tersedia saat ini, berbagi dokumen bisa membantu untuk meningkatkan penggunaan bisnis dari WhatsApp, mengingat file PDF adalah jenis file yang lazim dalam dunia profesional.

Berbagi dokumen ini sejalan dengan agenda WhatsApp yang lebih besar sebagaimana yang telah diungkapkan pada awal tahun ini. CEO Jan Koum mengatakan pada Januari bahwa WhatsApp akan mulai menguji layanan lebih komersial, termasuk yang akan memungkinkan konsumen untuk berkomunikasi dengan bisnisnya. Berbagi dokumen termasuk dalam fitur ramah bisnis.

Tentu saja, fitur tersebut akan memiliki manfaat langsung pada konsumen untuk hal-hal seperti berbagi brosur, e-tiket, hasil scan dokumen, PDF dan lainnya yang bersifat lebih pribadi.

Dan karena WhatsApp telah menginvestasikan agar kegiatan berkirim pesan penggunanya di enkripsi pada jaringan, maka dokumen yang dikirimkan melalui layanan ini akan dilindungi. Fitur ini sekarang telah tersedia untuk iOS dan Android, meskipun Windows Phone masih belum.

Semoga bermanfaat, Salam berbagi... ;)
WhatsApp Menambahkan Fitur Berbagi Dokumen (Sementara Hanya PDF) WhatsApp Menambahkan Fitur Berbagi Dokumen (Sementara Hanya PDF) Reviewed by Unknown on 3/03/2016 Rating: 5

1 comment:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete